PARASITES OF MAN IN SERANG, WEST JAVA

W. P. Carney, Arbain Joesoef, Erich E. Stafford

PARASITES OF MAN IN SERANG, WEST JAVA

Abstract


Survey penyakit menular didesa Cikurai dan Barengkok, Jawa Barat pada bulan Juni 1974 ini adalah merupakan salah satu dari serangkaian survey yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal P3.M. Dep. Kes. dan US Namru-2 guna menentukan distribusi dan prevalensi penyakit terutama malaria, filariasis dan penyakit parasit perut. Khususnya didaerah Cikurai dimana dilaporkan adanya Schistosoma in­cognitum secara hyperenzootik maka perlulah dilihat apakah parasit ini ditemukan pula diantara pend-duk setempat.

Dari hasil survey didesa Cikurai dan Barengkok, Jawa Barat ini dilihat bahwa Plasmodium falciparum ditemukan pada 8 atau 3 persen dari sediaan darah 261 penduduk yang diperiksa dan tidak terlihat adanya microfilariae. Parasit perut yang menonjol terlihat pada sediaan tinja dari 335 penduduk yang diperiksa adalah Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura dan cacing tambang masing-masing sebesar 89 persen, 87 persen dan 65 persen ; parasit lainnya adalah Entamoeba histolytica, Entamoeba hart manni, Entamoeba coli, Endolinuu nana, lodamoeba butschlii, Giardia lamblia, Chilomastvc mesnili, Enterobius vermicularis, dan Echinostoma sp. Tidak terlihat adanya Schistosoma incognitum pada sediaan tinja dari 335 penduduk yang diperiksa dikedua desa ini.


Keywords


Parasites

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Buletin Penelitian Kesehatan (Bulletin of Health Research, p-ISSN: 0125-9695. e-ISSN: 2338-3453) is published by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Ministry of Health of Republic of Indonesia
Main Indexing :

More...
Visitor Number : View BPK Statistics
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.