FINANCING OF KABUPATEN HEALTH SERVICES

J. Blanc, M. Djafar, Koesniah Koesniah, A. M. Meliala, A. L. Tobing

FINANCING OF KABUPATEN HEALTH SERVICES

Abstract


Biaya untuk dinas kesehatan kabupaten diadakan analisa melalui survey yang dilakukan pada empat propinsi dimana hasil-hasil utamanya dapat disampaikan berikut ini.

Biaya dari pemerintah daerah tingkat II merupakan sumber utama untuk kegiatan pelayanan kesehatan, di daerah tersebut, tetapi biaya yang diberikan oleh pemerintah daerah tingkat II adalah rendah (Rp. 20 - Rp. 60 per kapita per tahun). Biaya yang berasal dari pemerintah daerah tingkat II untuk usaha-usaha kesehatan berbeda dari satu pemerintah daerah tingkat II dengan pemerintah daerah tingkat II yang lain (berkisar antara 5-20 per cent dari jumlah seluruh anggaran). Pemberian biaya yang berbeda dari satu pemerintah daerah tingkat II dengan pemerintah daerah lingual II lainnya, pada dasarnya tidak semata-mata disebabkan oleh tersedianya anggaran, tetapi pemberian biaya untuk sektor kesehatan tersebut pada hakekatnya hanyalah ditentukan oleh bupati sebagai penguasa di aaerah tingkat II.

Biaya pembangunan lebih rendah dan tidak teratur dari pada biaya rutin, dimana biaya rutin dipergunakan untuk kegiatan pelayanan kesehatan.

Untuk kegiatan usaha-usaha kesehatan masyarakat lainnya didapat pula biaya dari pemerintah daerah tingkat I maupun pusat.

Keywords


Health Services; Financing

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Buletin Penelitian Kesehatan (Bulletin of Health Research, p-ISSN: 0125-9695. e-ISSN: 2338-3453) is published by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Ministry of Health of Republic of Indonesia
Main Indexing :

More...
Visitor Number : View BPK Statistics
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.