Editorial Policies

Focus and Scope

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan menerima naskah hasil penelitian, survey yang erat kaitannya dengan sistem dan kebijakan kesehatan.

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

1. naskah yang masuk akan ditelaah minimal oleh 2 orang reviewer

2. Keputusan naskah diterima atau tidak akam mempertimbangkan hasil review

3. Keputusan naskah diterima atau tidaknya menjadi hak sepenuhnya dari ketua penyunting dengan pertimbangan dari dewan penyunting

4. Naskah yang masuk akan dicek plagiarisme nya menggunakan google scholar

 

Publication Frequency

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan terbit 4 kali dalam setahun.

Terbit pertama pada tahun 1994.

dan tersedia online sejak tahun 1994.

 

Open Access Policy

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan (Bulletin of Health System Research)provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supporting a greater global exchange of knowledge.

All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download.

 

Publications Ethic

Publikasi Etika dan malpraktek Pedoman

 

Pedoman Publikasi Etika dan malpraktek Buletin Penelitian Sistem Kesehatan

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan adalah jurnal peer-review untuk mempublikasikan artikel di bidang ilmu kesehatan & penelitian. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan berkomitmen untuk standar etika yang ditetapkan untuk semua entitas yang terlibat dalam penerbitan artikel.

Tanggung jawab Buletin Penelitian Sistem Kesehatan Editor-in-Chief, Managing Editor dan Editor-in-Chief Editor

Kewajiban:

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan memiliki tim editorial yang terdiri dari editor-in-chief, managing editor dan dewan editor. Mereka semua dituntut untuk editor akuntabel dan bertanggung jawab untuk menerbitkan artikel Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Editor dipimpin oleh editor-in-chief. Editor memiliki tugas dan bertanggung jawab sebagai berikut:

  1. Editor-in-Chief menerima artikel yang disampaikan oleh penulis kepada Buletin Penelitian Sistem Kesehatan.
  2. Artikel yang disampaikan oleh penulis akan didistribusikan oleh Editor-in-Chief, untuk editor di Dewan Redaksi untuk melakukan 1 st proses review (review awal). Distribusi dari artikel yang diatur dengan baik oleh Editor-in-Chief, sehingga beban kerja dapat cukup didistribusikan dalam jumlah untuk semua editor. Proses review menggunakan sistem peer-review double-blind, dilakukan dengan menggunakan Formulir Penilaian Wasit ini.
  3. Editor-in-Chief bertanggung jawab untuk menentukan batas waktu penerimaan artikel yang siap untuk publikasi.
  4. Editor-in-Chief bertanggung jawab untuk melaksanakan dan memimpin rapat dewan redaksi. Pertemuan dewan redaksi dilakukan minimal 1 (satu) kali dalam 1 (satu) masalah, untuk menyelesaikan masalah ini untuk publikasi. Jika Editor-in-Chief tidak hadir, maka Editor-in-Chief dapat menetapkan Managing Editor atau salah satu editor untuk melakukan tugas.

Keadilan:

Sebuah keputusan untuk menerbitkan sebuah artikel dilakukan melalui mekanisme peer-review proses-proses tersebut di atas, dan itu diperhitungkan berdasarkan kualitas artikel. Keputusan itu diambil tanpa mempertimbangkan agama, etnis, kebangsaan, ras atau jenis kelamin dari penulis.

Kerahasiaan:

Kerahasiaan dari artikel sebelum publikasi dipertahankan sebaik mungkin. editor tidak dapat memberikan informasi apapun yang tersedia pada artikel untuk siapa pun kecuali penulis artikel. Informasi dalam teks bisa dilepaskan kepada orang lain, editor dengan pengetahuan Editor-in-Chief.

Pengungkapan dan konflik kepentingan:

Artikel dan bahan-bahan yang berkaitan dengan artikel yang tidak diterima untuk publikasi di Buletin Penelitian Sistem Kesehatan harus dikembalikan ke penulis, dan tidak dapat digunakan oleh editor BPK untuk alasan apapun. Untuk menghindari konflik kepentingan, keputusan itu diambil dalam penerbitan artikel harus adil dan berdasarkan proses peer-review.

Tanggung Jawab Reviewer

Kontribusi terhadap Keputusan Editorial:

Reviewer Evaluasi menjadi acuan utama untuk Editor-in-Chief dalam membuat keputusan editorial. Hasil evaluasi dari pengulas benar-benar dimaksudkan untuk membantu penulis untuk meningkatkan kualitas artikel.

Ketepatan:

Jika ada resensi sebutan yang tidak tepat, misalnya, resensi yang ditunjuk tidak kompeten dalam bidang keahlian artikel yang dalam proses peer-review, salah satu editor Buletin Penelitian SIstem Kesehatan dapat melaporkannya kepada Kepala Editor-in-atau Managing the Editor. Kemudian, Editor-in-Chief, atau Managing Editor menentukan resensi lain dengan pertimbangan beberapa editor dengan keahlian artikel.

Kerahasiaan:

Setiap artikel diterima oleh reviewer harus sangat rahasia. Pasal dan hasil peer-review tidak harus diserahkan langsung kepada penulis, atau dikomunikasikan kepada selain penulis, tetapi harus diserahkan kepada editor yang bertanggung jawab, Editor-in-Chief.

Tanggung Jawab Penulis

Standar pelaporan:

Penulis harus jelas menyajikan tujuan dan signifikansi penelitian dalam artikel. Penulis harus mengikuti pedoman Buletin Penelitian Sistem Kesehatan dalam mempersiapkan artikel untuk menyerahkan.

Orisinalitas:

Penulis harus mempersiapkan hasil penelitian asli yang belum diterbitkan oleh penulis lain dalam publikasi apapun. Untuk memastikan hal itu, penulis perlu memeriksa keaslian artikel menggunakan plagiarisme checker sebelum diajukan. Artikel ini akan ditolak jika ada plagiat pada artikel. Setiap informasi dari referensi yang digunakan dalam artikel harus jujur ​​dan akurat dikutip dalam artikel.

Beberapa Submissions:

Para penulis harus mengirimkan artikel mereka untuk hanya Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Jika tidak diterima untuk mempublikasikan di Buletin Penelitian Sistem Kesehatan sebagai hasil dari peer-review dan dilaporkan secara resmi oleh Editor-in-Chief atau Managing Editor, penulis dapat mengirimkannya ke jurnal lainnya. Artikel ini akan ditolak jika ada plagiat dan beberapa kiriman pada artikel.

Kesalahan dalam Publikasi:

Penulis akan menerima artikel mereka untuk melakukan checkig akhir dari kesalahan dalam artikel sebelum diterbitkan. Para penulis harus melaporkan kesalahan dalam artikel untuk Editor-in-Chief, atau Managing Editor dalam periode waktu tertentu, dan kesalahan harus jelas tercantum dan dibahas dalam lembar terpisah bersama-sama dengan bukti revisi akan.

 

Tanggung Jawab Penerbit

Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan), Departemen Kesehatan Republik Indonesia sebagai penerbit Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, mendorong para editor dan semua stakeholder yang terlibat dalam proses publikasi mengikuti etika dan kode melakukan setiap pihak. Penerbit mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor dan pihak lain dalam kontrak, menghormati privasi, melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan mendorong kemerdekaan editorial.

Penerbit bekerja dengan editor jurnal untuk menetapkan kebijakan jurnal tepat dan bertujuan untuk memenuhi kebijakan tersebut, khususnya yang berkaitan dengan: kemerdekaan editorial, etika penelitian, termasuk kerahasiaan, persetujuan, dan persyaratan khusus untuk penelitian manusia dan hewan, penulis, transparansi dan integritas.

Penerbit bekerja dengan editor jurnal untuk berkomunikasi kebijakan jurnal dalam kebijakan umum dan review jurnal berkala, yang bertanggung jawab atas investigasi yang diduga penelitian dan publikasi kesalahan dan, jika mungkin, memfasilitasi dalam penyelesaian kasus ini, membuat dan mempublikasikan koreksi, klarifikasi, dan retraksi, dan mempublikasikan konten secara tepat waktu.

 

Etika Hewan

BPK dan editor yang mendukung kepatuhan penulis dengan prinsip-prinsip Deklarasi Helsinki Asosiasi Medis Dunia, yang berhubungan dengan pelaksanaan penelitian etika pada manusia, dan Panduan untuk Perawatan dan Penggunaan Laboratorium Hewan Institut Laboratorium Penelitian Hewan dari National Research Council, yang berhubungan dengan pelaksanaan penelitian etika di laboratorium dan hewan lainnya.

 

Author(s) Statement of Ethics

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Hereby I declare

 

Nama (Name) :

Judul Artikel (Article Title) :

No. HP/Telp. (Handphone / Telephone Number) :

Alamat Email (Email) :

Alamat Kantor (Office Address) :

Kontribusi Penulis (Author Contribution) :

 

Menyatakan bahwa (stated that) :

  1. Penulis bertanggung jawab atas publikasi artikel terlampir. (The author is responsible for the publication of the accompanying article).
  2. Penulis telah menyetujui artikel untuk diterbitkan sesuai format Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. (The author approved that the article published in formats for Buletin Penelitian Sistem Kesehatan).
  3. Artikel belum pernah dipublikasikan di jurnal/media lain, dan selama dalam proses di Buletin Penelitian Sistem Kesehatan tidak akan saya cabut/dialihkan ke jurnal/media lain. (The article has not yet been published, is not currently being considered for publication by any other journal and will not be submitted for such review while under review by Buletin Penelitian Sistem Kesehatan). 
  4. Artikel telah diserahkan atas sepengetahuan dan ijin dari instansi/lembaga yang bersangkutan. (The article submitted with the knowledge and permission of the department/institution concerned).

 

....[tempat (place)]..... , ..[tanggal (date)].....

Penulis (Author) 1/2/3/4/...

 

[materai Rp. 6000]

 

(.....Nama (Name)......)

 

Catatan (Note):

  1. Surat pernyataan ini dibuat rangkap sebanyak penulis yang tercantum dalam artikel (tiap penulis masing-masing membuat surat pernyataan ini). (This statement of ethics must be multiplied as many as the number of author listed in the article)
  2. Melampirkan Surat Persetujuan Etik (Etichal Approval). (Ethical approval from official institution must be attached).
Click here to download this form.

 

Article Processing Charge

There is no charge for submitted manuscripts



Visitor Number : View My Stats

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan (Bulletin of Health System Research, ISSN 1410-2935) published by National Institute of Health Research and Development, Ministry of Health of Republic of Indonesia 
Indexed on:

http://ejournal.litbang.depkes.go.id/public/site/images/tanto-hsr-man/doaj_cilik_160


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.