Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Buletin Penelitian Sistem Kesehatan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, memuat artikel dengan tema tentang 7 Sub-Sistem Kesehatan yaitu :

1. Upaya Kesehatan

2. Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

3. Pembiayaan Kesehatan

4. Daya Manusia Kesehatan

5. Farmasi, Alat Kesehatan, dan Makanan

6. Manajemen, Informasi, dan Regulasi Kesehatan

7. Pemberdayaan Masyarakat, serta

8. Humaniora Kesehatan

 

1. Tata Cara Penulisan

Judul Artikel (bhs indonesia) 14pt, bold, maks. 15-20 kata, spasi 1, spacing after 6pt

Judul Artikel (bhs Inggris) 14pt, bold

Nama Penulis Pertama 1*, Penulis Kedua 1, Penulis Ketiga 2 12pt, bold, spasi 11

Nama Instansi, Alamat instansi 10pt, italic, 1 spasi2

ABSTRAK 12pt, bold, spacing before 12pt, after 2pt

Abstrak merupakan intisari seluruh tulisan yang meliputi: tujuan, metode, hasil, simpulan, dan saran. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, tidak lebih dari 250-300 kata, Times new roman 11pt, italic, spasi 1, spacing before 12pt, after 2pt.

Kata Kunci: 10pt, bold Menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Maksimum 3–5 kata, dipisahkan dengan tanda semicolon (;),Times new roman 10pt, itallic, spasi 1.

ABSTRACT 12pt, bold, spacing before 12pt, after 2ptAbstrak dalam bahasa Inggris, tidak lebih dari 250-300 kata, Times new roman 11pt, itallic, spasi 1, spacing before 12pt, after 2pt.

Key words: 10pt, boldMenggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Maksimum 3–5 kata, dipisahkan dengan tanda semicolon (;),Times new roman 10pt, itallic, spasi 1.

PENDAHULUAN 12pt, bold, spasi 1,5pt, spacing before 12pt, after 2pt

Pendahuluan meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah serta tujuan penelitian, rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, dan terkadang dicantumkan harapan akan hasil dan manfaat penelitian. Panjang pendahuluan sekitar 2-3 halaman, diketik dalam 1,5 spasi, Times new roman 12pt.

METODE 12pt, bold

Berisi penjelasan tentang tentang bagaimana penelitian itu dilakukan, meliputi rancangan penelitian, populasi dan sampel (sasaran penelitian), teknik pengumpulan data pengembangan instrumen, dan teknik analisis data. Acuan (referensi) diberikan pada metode yang kurang dikenal. Diketik dalam 1,5 spasi, Times new roman 12pt.

HASIL 12pt, bold

Hasil penelitian yang disajikan hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan, bukan proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal, dan harus diberi komentar atau dibahas.Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil memuat bagian-bagian rinci dalam bentuk sub topik-sub topik yang berkaitan langsung dengan fokus penelitian dan kategori-kategori. Diketik dalam 1,5 spasi, Times new roman 12pt.

PEMBAHASAN 12pt, bold

Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian, menunjukkan bagaimana temuan-temuan itu diperoleh, menerangkan arti hasil penelitian, bagaimana hasil penelitian yang dilaporkan dapat memecahkan masalah, perbedaan dan persamaan dengan penelitian terdahulu serta kemungkinan pengembangannya.

Simpulan berisi menyatakan hubungan antar variabel yang diteliti. Dibuat dalam 1 paragraf, tidak dalam bentuk poin-poin.

Saran berupa rekomendasi dari hasil temuan pada stakeholder, pengelola program kesehatan,dan pengambil kebijakan. Dibuat dalam 1 paragraf, tidak dalm bentuk poin-poin.

Ucapan terima kasih

Dapat ditujukan pada semua pihak yang membantu bila memang ada dan harus diterangkan sejelas mungkin.

Daftar Pustaka, disusun alfabetis menurut sistem Harvard.

Rujukan dari buku:

1. Buku dengan satu Pengarang

Samosir, O.B. 2010. Keluarga Berencana, dalam Dasar-Dasar Demografi, ed. Adietomo, S.M., Samosir, Jakarta: Salemba Empat.

2. Buku dengan satu, dua, tiga atau empat pengarang

Prihyugiarto, T, Mudjianto, dan Marsinah. 2009. Analisis Ketidaklangsungan Pemakaian Kontrasepsi di Indonesia. Jakarta: Puslitbang KB dan Keseshatan Reproduksi. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Rujukan dari Jurnal/Majalah:

Ambarita, L.P. dan Sitorus,H. 2004. Studi Komunitas Nyamuk Di Desa Sebubus (Daerah Endemis Filariasis), Sumatera Selatan Tahun 2004. Jurnal Ekologi Kesehatan, 5 (1), hal. 368– 75.

Rujukan dari Internet:

Maryono. 2007. Menilai Aksesibilitas Air Minum (Studi Kasus: Aksesibilitas Air Bersih bagi Masyarakat Miskin di Kota Semarang). Tersedia pada: http://eprints.undip.ac.id/525/ [diakses 17 Desember 2013]

 

Dihrapkan menggunakan Aplikasi Referensi misal nya Mendeley,dll

2. Naskah yang masuk tidak dikenakan biaya, baik saat memasukkan naskah maupun setelah naskah diterbitkan

Clik here to download templates

 

 


  1. Upaya Kesehatan
  1. Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
  1. Pembiayaan Kesehatan
  1. Daya Manusia Kesehatan
  1. Farmasi, Alat Kesehatan, dan Makanan
  1. Manajemen, Informasi, dan Regulasi Kesehatan
  1. Pemberdayaan Masyarakat
  2. Humaniora Kesehatan

 
 


Visitor Number : View My Stats

Buletin Penelitian Sistem Kesehatan (Bulletin of Health System Research, ISSN 1410-2935) published by National Institute of Health Research and Development, Ministry of Health of Republic of Indonesia 
Indexed on:

http://ejournal.litbang.depkes.go.id/public/site/images/tanto-hsr-man/doaj_cilik_160


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.