INTERVENSI PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV-AIDS DI SMA 1 SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM, PROVINSI BALI

Gusti Ayu Marhaeni, M Choirul Hadi, Ni Wayan Armini

Abstract


Latar belakang: Remaja merupakan golongan yang rentan terhadap masalah-masalah perilaku berisiko, seperti melakukan hubungan seksual sebelum menikah dan penyalah gunaan napza yang meningkatkan terjadinya penularan HIV-AIDS.

Tujuan: Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV-AIDS sebelum dan sesudah penyuluhan.

Metode: Penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest design serta menggunakan teknik Stratified Proportionale Random Sampling, terhadap 80 responden. Variabel pengetahuan dan sikap diukur menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji wilcoxon.

Hasil: Penelitian ini mencatat bahwa pengetahuan sebelum dan setelah penyuluhan adalah 56 vs 96 (p value ≤ 0,001). Skor sikap remaja sebelum dan setelah penyuluhan adalah 30 vs 75 (p value ≤ 0,001).

Kesimpulan: Ada perbedaan bermakna pada pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV-AIDS sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan.


Keywords


penyuluhan kesehatan, pengetahuan, sikap, remaja, HIV-AIDS

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: