PEMBERIAN DUKUNGAN UNTUK MENYUSUI ASI EKSKLUSIF ENAM BULAN DI PUSKESMAS KEMIRI MUKA, DEPOK, JAWA BARAT TAHUN 2011

Ida Ida, Joko Irianto

Abstract


Latar Belakang : Air susu ibu sangat menguntungkan ditinjau dari berbagai segi, gizi, kesehatan, ekonomi maupun sosio-psikologis. Pemberian ASI eksklusif sampai usia bayi enam bulan di Indonesia masih rendah dan belum mencapai target cakupan.

Tujuan : Mendapatkan angka proporsi pemberian ASI eksklusif enam bulan dan hubungannya dengan  perilaku dalam menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Kemiri Muka Kota Depok.

Metode : Penelitian ini menggunakan disain crossectional dengan responden adalah ibu yang mempunyai bayi berumur enam bulan sampai dengan 12 bulan yaitu sebanyak 172 responden. Penelitian dilakukan  pada bulan Oktober  2011 dengan menggunakan kuesioner tertutup.

Hasil : Pemberian ASI eksklusif  enam bulan di Kecamatan Kemiri Muka  masih rendah yaitu hanya 25,6%.  Hanya 45,9% sarana dan tenaga kesehatan melakukan dukungan dengan baik dalam pemberian ASI ekslusif enam bulan. Sebesar 52,3%  responden menyatakan mendapat dukungan yang baik dari suami dan sebesar 63,4% mendapat dukungan yang baik dari keluarga (ibu dan ibu mertua).  Ada 51,2%  responden mempunyai keterpaparan informasi ASI eksklusif dengan baik. Faktor pendukung yang berhubungan bermakna adalah dukungan suami (p=0,001, OR=3,737), sarana dan tenaga kesehatan (p=0,000, OR=3,974) dan keluarga (ibu dan ibu mertua) (p=0,002, OR=4,111).

Kesimpulan : Pemberian ASI eksklusif di Kecamatan Kemiri Muka masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Fasilitas dan tenaga kesehatan di Kota Depok perlu pengawasan yang ketat dalam memberikan susu formula kepada bayi selama bayi berada di fasilitas atau tenaga kesehatan.


Keywords


Faktor pendukung, perilaku, ASI eksklusif

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: