Journal History

Sejarah Jurnal MGMI tidak terlepas dari sejarah berdirinya Balai Litbang GAKI Magelang. Pada 1994 atas prakarsa prof.DR.dr.Darwin Karyadi dan Prof.DR.Muhilal dari Puslitbang Gizi Bogor dilakukan penelitian tentang pencegahan lahirnya kretin baru didaerah gondok endemik bekerjasama dengan FK-UGM Yogyakarta selama tiga tahun. Kabupaten Magelang terpilih sebagai daerah pelaksanaan penelitian karena merupakan salah satu daerah gondok endemik berat di Indonesia. Untuk mempermudah operasional penelitian, didirikan pos penelitian di Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

Pos penelitian kemudian dipindahkan ke lokasi bekas Puskesmas Borobudur atas bantuan Pemerintah Daerah Magelang. Pada tahun 1999, pos penelitian GAKI diusulkan untuk diubah menjadi Balai Penelitian GAKI oleh Puslitbang Gizi melalui Kepala Badan Litbangkes. Pada saat itu yang menjadi penanggung jawab pos tersebut adalah peneliti Untung S Widodo, MPS.

 

Dalam perjalananya untuk mendukung tugas dan fungsi Balai Litbang GAKI Magelang diperlukan media untuk mendeseminasikan hasil penelitian kepada masyarakat luas. Maka Pada tahun 2009 dibentuklah tim pengelola jurnal MGMI berdasarkan SK Kepala Balai Litbang GAKI. MGMI Pertama kali menerbitkan artikel pada tahun 2009 dan memiliki status akreditasi untuk pertama kalinya pada tahun 2013.

Media Gizi Mikro Indonesia (Indonesian Journal of Micronutrient, p-ISSN: 2086-5198, e-ISSN: 2354-8746) is published by Balai Penelitian dan Pengembangan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (Balai Litbang GAKI), Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Ministry of Health of Republic of Indonesia.

Kapling Jayan, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang

http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/mgmi

Visitor Number:

shopify analytics ecommerce
View My Stats

Creative Commons License
Media Gizi Mikro Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing: