Ekstrak n-Heksana Jinten Hitam (Nigella sativa Linn) Meningkatkan Aktivitas Estrogenik pada Sel CHO-K1

Hilyatul Fadliyah, Idlohatud Dilalah, Georgorius Gena M, Faradiba Nur A, Nadya Rizky S, Riris Istighfari Jenie

Abstract


 

Estrogen berperan dalam proliferasi sel, diferensiasi, dan fungsi organ spesifik. Defisiensi hormon estrogen menimbulkan berbagai gangguan fungsi fisiologis. Fenomena defisiensi estrogen dapat diatasi dengen memanfaatkan fitoestrogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi jinten hitam dalam memodulasi efek estrogenik pada sel CHO-K1.

Jinten hitam dimaserasi selama 42 jam untuk mendapatkan ekstrak kental dan kemudian digunakan dalam penelitian ini. Analisis fitokimia ekstrak kental diidentifikasi kandungan timokuinon menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT). Uji aktivitas estrogenik meliputi uji sitotoksik dan proliferasi menggunakan metode MTT, uji pengamatan ekspresi protein penanda proliferasi menggunakan metode Western blot, dan uji interaksi molekuler senyawa timokuinon dengan protein proliferasi secara in silico.

Bercak pada kromatogram menunjukkan posisi yang berdekatan dengan bercak pembanding yang digunakan. Hasil uji sitotoksik menunjukkan fenomena proliferasi diprediksi terjadi pada konsentrasi di bawah 200 µg/mL dan terkonfirmasi pada uji proliferasi. Intensitas ekspresi protein penanda proliferasi, cyc-e, paling tinggi terjadi pada konsentrasi 100 µg/mL. Data-data in vitro ini diperkuat dengan data in silico yang membuktikan bahwa kemungkinan interaksi antara senyawa kandungan EJH dengan senyawa target dapat terjadi karena lingkungan yang sama. Dengan demikian, dapat dikatakan EJH mampu memodulasi efek estrogenik pada sel CHO-K1 dengan kecenderungan meningkatkan efeknya. EJH potensial dikembangkan sebagai produk fitoestrogen selanjutnya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia (Journal of Medicinal Plant Indonesia, p-ISSN : 1979-892X, e-ISSN : 2354-8797) is published by Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tumbuhan Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu.

Indexed by:

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor number: View My Stats