ATTEMPTS TO IDENTIFY WILDLIFE RESERVOIRS OF RABIES IN INDONESIA

S. W. Joseph, P.F.D. Van Peenen, A. E. New, D. W. Eggena

ATTEMPTS TO IDENTIFY WILDLIFE RESERVOIRS OF RABIES IN INDONESIA

Abstract


Penyakit rabies telah dikenal di Indonesia sejak tahun 1889, dan mengingat tidak adanya data yang diteliti mengenai penderita rabies, maka perlu dilakukan suatu penelitian. Penelitian dilakukan oleh NAMRU-2 bersama Departemen Kesehatan dari tahun 1970-1972 untuk menentukan pengaruh penyakit-penyakit Zoonotic yang endemic pada penduduk yang tidak immune yang sering berpindah ke hutan atau tempat yang tidak ada penduduknya. Penelitian di lakukan pada beberapa daerah pegunungan Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Maluku, Kalimantan Tengah, Timor dan Sulawesi Tengah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 328 binatang yang diperoleh dari 28 berbagai daerah di Indonesia setelah diadakan pemeriksaan dengan metode fluorecent antibody technique {fat) dan inokuler pada tikus putih ternyata tidak ditemukan virus rabies.

Binatang-binatang yang ditemukan tersebut dan kebiasaan hidupnya di lukiskan secara terperinci pada hasil penelitian ini.


Keywords


Zoonotic; Rabies

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Buletin Penelitian Kesehatan (Bulletin of Health Research, p-ISSN: 0125-9695. e-ISSN: 2338-3453) is published by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Ministry of Health of Republic of Indonesia
Main Indexing :

More...
Visitor Number : View BPK Statistics
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.