PRELIMINARY SURVEY OF RODENTS IN TWO TRANSMIGRATION SCHEMES IN SOUTH SUMATRA, INDONESIA

Lim Boo Liat, Tuti R. Hadi, Sustriayu N., S. Gandahusada

PRELIMINARY SURVEY OF RODENTS IN TWO TRANSMIGRATION SCHEMES IN SOUTH SUMATRA, INDONESIA

Abstract


Penelitian ini merupakan sebagian dari survey biomedis yang dilakukan di daerah transmigrasi Baturaja-Martapura (Sumatera Selatan) dan Mulyorejo, Way Abung III Lampung pada bulan September dan Oktober 1977. Tikus2 liar ditangkap dan dipelajari untuk mengetahui peranannya sebagai penyebar penyakit.

R.r. diardii merupakan spesies yang lebih banyak ditemukan didaerah perumahan dikedua daerah transmigrasi tersebut. Hasil pemeriksaan parasitologis menunjukkan bahwa pengerahan spesies ini tidak terbatas didaerah perumahan saja. Diladang sekitar perumahan dikedua daerah tersebut R. tiomanicus lebih banyak ditemukan dari pada R. exulans dan R. argentiventer. Kertas kerja ini menyimpulkan bahwa dengan adanya hoepes dan vektor yang tepat di daerah-daerah tersebut ada kemungkinan akan timbulnya penyakit demam semak (scrub typhus) dan mungkin juga eosinophilic meningo encephalitis dikalangan para transmigrasi, selain penyakit arbovirus yang lain.

Keywords


Rodents; Demam Semak

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Buletin Penelitian Kesehatan (Bulletin of Health Research, p-ISSN: 0125-9695. e-ISSN: 2338-3453) is published by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Ministry of Health of Republic of Indonesia
Main Indexing :

More...
Visitor Number : View BPK Statistics
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.