Potensi Kemunculan Kembali Malaria Di Wilayah Yang Mempunyai Riwayat Endemis Malaria Kabupaten Pangandaran

Lukman Hakim, Hubullah Fuadzy, Andri Ruliansyah

Abstract


Wilayah Kabupaten Pangandaran mempunyai riwayat malaria tinggi. Meskipun pada saat sekarang jumlah kasusnya sedang menurun, pada suatu waktu akan meningkat kembali karena malaria merupakan re-emerging disease atau penyakit yang bisa muncul kembali sesuai dengan perubahan fenomena alam biasanya dalam periode lima atau sepuluh tahunan, misalnya mengikuti perubahan lingkungan yang berkaitan dengan perkembangan nyamuk Anopheles spp. serta mobilisasi penduduk.

Penelitian dilakukan dengan identifikasi pola penyakit dan pola curah hujan, indentifikasi unit pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau desa endemis malaria, identifikasi parasit malaria, identifikasi pengetahuan, sikap dan perilaku serta mobilisasi penduduk, identifikasi faktor lingkungan dan entomologi malaria. Semua data terkumpul, dianalisis untuk mengetahui potensi kemunculan kembali (reemerging) malaria menggunakan analisis dynamic system.

Penelitian ini dilaksanakan di 4 desa di 4 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran, yaitu Desa Pamotan di Kecamatan Kalipucang, Desa Pangandaran di Kecamatan Pangandaran, Desa Cibenda di Kecamatan Parigi, dan di Desa Pangkalan Kecamatan Langkaplancar.

Sampel penelitian parasitologi adalah anak berumur <10 tahun di lokasi penelitian, sedangkan sampel KAP adalah orang dewasa di lokasi penelitian. Sampel yang berhasil diperiksa spesimen parasitologinya sebanyak 509 orang, yaitu 117 orang dari Desa Pamotan, 130 orang dari Desa Pangkalan, 147 orang dari Desa Pangandaran Kecamatan  Pangandaran dan 115 orang dari Desa Cibenda Kecamatan Parigi.Sedangkan sampel KAP sebanyak 1.137 orang, yaitu 296 orang dari Desa Pamotan, 280 orang dari Desa Pangkalan, 281 orang dari Desa Pangandaran dan 280 orang dari Desa Cibenda.



Keywords


Malaria Pangandaran, Faktor risiko, Mobilisasi penduduk, Reemerging disease, Antisipasi kemunculan malaria kembali

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Aspirator (Journal of Vector-borne Disease Studies, p-ISSN: 2085-4102 e-ISSN: 2338-7343) is published by Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Ministry of Health of Republic of Indonesia.

Main Indexing :

More...

View Aspirator Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.