ADOLESCENTS IN PERIL: INTERNET AND OTHER FACTORS INFLUENCING ADOLESCENTS' SEXUAL ATTITUDES

Dyah Anantalia Widyastari, Zahroh Shaluhiyah, Bagoes Widjanarko

ADOLESCENTS IN PERIL: INTERNET AND OTHER FACTORS INFLUENCING ADOLESCENTS' SEXUAL ATTITUDES

Abstract


Latar belakang: Sejak Internet banyak dipergunakan di rumah dan sekolah, media ini kemudian banyak dipergunakan oleh remaja. Waktu yang dipergunakan oleh remaja untuk mengakses internet pun semakin meningkat karena media ini mudah diakses, murah dan bersifat pribadi. Meskipun banyak penelitian yang membuktikan manfaat internet bagi kehidupan manusia, namun beberapa studi mengindikasikan bahwa internet juga membawa resiko bagi penggunanya.

Tujuan: Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh paparan internet dan faktor lain terhadap sikap seksual remaja.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian explanatory, dengan menggunakan metode survei dan desain penelitian cross sectional. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA di Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak dari populasi sasaran yang telah dipilih berdasarkan strata dan ketersediaan akses internet sebagai kriteria utama. Pengumpulan data dilakukan dengan mempergunakan angket berbasis semi-sekolah, dengan melibatkan 320 siswa kelas ll.

Hasil: Hampir separuh (45.9%) responden mempunyai sikap yang permisif dalam hal seksualitas. Jenis kelamin, pengaruh teman sebaya, paparan televisi, frekuensi mengakses internet dan konten yang diakses secara signifikan berhubungan dengan sikap seksualitas remaja.

Kesimpulan: Remaja dengan akses internet yang lebih tinggi mempunyai lebih sedikit kemungkinan untuk mempunyai sikap lebih permisif. Penelitian ini membuktikan bahwa paparan internet bukanlah satu­ satunya yang membentuk sikap seksual remaja. Bukan paparan media yang berpengaruh, akan tetapi sikap penggunayalah yang mendorong pada terjadinya sikap yang lebih permisif.

 

Kata kunci: paparan internet, remaja, sikap seksual


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: