HAMBATAN DAN POTENSI SUMBER DAYA LOKAL DALAM UPAYA MENGURANGI RESIKO KEMATIAN IBU DI KECAMATAN TIGO LURAH KABUPATEN SOLOK, PROVINSI SUMATERA BARAT

Yulfira Media, Zainal Arifin, Gusnedi Gusnedi

HAMBATAN DAN POTENSI SUMBER DAYA LOKAL DALAM UPAYA MENGURANGI RESIKO KEMATIAN IBU DI KECAMATAN TIGO LURAH KABUPATEN SOLOK, PROVINSI SUMATERA BARAT

Abstract


Latar belakang: Angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat masih tinggi, yaitu sebesar 449,2 per 100.000 kelahiran hidup. Pemilihan tenaga penolong persalinan dianggap turut mempengaruhi  AKI.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dan potensi sumber daya lokal dalam upaya mengurangi resiko kematian ibu.

Metode: Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan Fokus Group Discussion.

Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa  hambatan dalam upaya mengurangi risiko kematian ibu yaitu hambatan sosial budaya, kondisi geografis dan keterbatasan akses pelayanan kesehatan, kondisi ekonomi masyarakat, dan masih rendahnya pemanfaatan potensi lokal dalam upaya perawatan kesehatan ibu  hamil dan bersalin. Potensi lokal yang dapat dimanfaatkan dalam upaya risiko kematian ibu adalah potensi keberadaan dukun beranak, potensi pemimpin lokal  modal sosial nagari, dan pola interaksi dan komunikasi yang berbasiskan sosial budaya masyarakat.

Kesimpulan: Penelitian menunjukkan adanya beberapa hambatan terkait kematian ibu, namun  beberapa potensi sumber daya lokal  dapat dimanfaatkan dalam upaya mengurangi risiko kematian ibu.

Kata kunci: kematian ibu, kendala akses kesehatan ibu, potensi sumber daya lokal

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: