KESEHATAN IBU DAN BAYI YANG MELAKUKAN TRADISI SEI DAN GAMBARAN KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH BULAT (UME ‘KBUBU) DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)

Athena Anwar, Rachmalina Soerachman

KESEHATAN IBU DAN BAYI YANG MELAKUKAN TRADISI SEI DAN GAMBARAN KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH BULAT (UME ‘KBUBU) DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)

Abstract


Pendahuluan: Tradisi sei adalah tradisi  mengasapkan ibu yang baru melahirkan bersama bayinya selama 40 hari di Nusa Tenggara Timur.  Selama 40 hari ibu dan bayinya harus duduk/tidur di atas bara api yang berasal dari pembakaran biomassa (kayu) di dalam  Rumah Bulat (Ume ‘Kbubu). Emisi dari pembakaran bahan bakar biomassa dapat mencemari lingkungan rumah dan menimbulkan gangguan kesehatan ibu maupun bayinya.

Tujuan: untuk  mengetahui kondisi kesehatan  ibu dan bayi dan kualitas udara Rumah Bulat (Ume ‘Kbubu). Studi dilakukan di Puskesmas Nulle dan Puskesmas Kie Kabupaten TTS, NTT tahun 2009

Metode: Penelitian ini menggunakan disain potong lintang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengukuran, dan observasi. Jumlah sampel adalah 189 ibu  di Puskesmas Amanuban dan 169 ibu di Kecamatan Kie. Pengukuran kualitas udara dilakukan di lima rumah ibu yang sedang melakukan tradisi sei ketika sedang dilakukan wawancara.

Hasil: Hasil menunjukkan bahwa proporsi ibu yang mengalami gangguan kesehatan ketika melakukan tradisi sei adalah 37,4%, dan bayi  yang mengalami gangguan kesehatan sebesar 43,3%. Beberapa parameter kualitas udara dalam Rumah Bulat, seperti kelembaban, laju ventilasi, pencahayaan,  kandungan debu debu/TSP dan NOx telah melampaui batas kadar yang direkomendasikan oleh Peraturan Menteri Kesehatan nomor 1077/ MENKES/PER/V/2011.

Kesimpulan: Tingginya proporsi gangguan kesehatan ibu dan bayi kemungkinan disebabkan karena buruknya kualitas udara dalam ruang Ume ‘Kbubu.

 

Kata kunci: Tradisi sei, bahan bakar biomassa, kualitas udara dalam ruang

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: