PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS DAN KEPADATAN TULANG HUBUNGANNYA DENGAN KONSUMSI KALSIUM PADA WANITA DEWASA MUDA

Budi Setyawati, Noviati Fuada, Salimar Salimar

PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS DAN KEPADATAN TULANG HUBUNGANNYA DENGAN KONSUMSI KALSIUM PADA WANITA DEWASA MUDA

Abstract


Latar Belakang : Osteoporosis dikenal juga sebagai ’silent disease’ atau ’silent thief’’. Kalsium adalah zat gizi spesifik paling penting dalam mencapai massa tulang puncak yang optimal, mencegah dan mengobati osteoporosis. Pengetahuan yang dimiliki seseorang mempengaruhi perilakunya. Kurangnya pengetahuan masyarakat yang memadai tentang osteoporosis dan pencegahannya sejak dini cenderung meningkatkan angka kejadian osteoporosis.

Tujuan : Mengkaji pengetahuan tentang osteoporosis dan kepadatan tulang;  dan hubungannya dengan asupan kalsium pada wanita dewasa muda.

Metode : Desain studi observasional deskriptif analitik dengan rancangan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan di Kota Bogor tahun 2011.

Hasil : Sekitar 9 dari 10 responden mengonsumsi kalsium kurang dari kecukupan yang dianjurkan (500 mg/orang/hari). Sebagian besar (92,5%) responden memiliki pengetahuan tentang osteoporosis dan kepadatan tulang yang kurang baik, terutama pada pengetahuan sumber kalsium dan akibat osteoporosis. Setelah mempertimbangkan faktor lain, pengetahuan tentang osteoporosis dan kepadatan tulang yang kurang baik berisiko 1,47 kali memiliki asupan kalsium rendah, namun tidak signifikan secara statistik.

Kesimpulan : Sebagian besar responden memiliki pengetahuan tentang osteoporosis dan kepadatan tulang yang kurang baik dan mengonsumsi kalsium kurang dari kecukupan yang dianjurkan.

Keywords: osteoporosis, asupan kalsium, pengetahuan osteoporosis.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: