GAMBARAN PELAKSANAAN LAYANAN VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING (VCT) DAN SARANA PRASARANA KLINIK VCT DI KOTA BANDUNG TAHUN 2013

Mujiati Mujiati, Sugiharti Sugiharti, Bryan Mario Isakh

GAMBARAN PELAKSANAAN LAYANAN VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING (VCT) DAN SARANA PRASARANA KLINIK VCT DI KOTA BANDUNG TAHUN 2013

Abstract


Latar belakang : Voluntary Counseling and Testing (VCT) merupakan upaya pencegahan dan pintu masuk ke layanan manajemen kasus serta perawatan, dukungan, dan pengobatan bagi penderita HIV-AIDS, sehingga kelancaran layanan serta ketersediaan dan kecukupan sarana prasarana yang ada di Klinik VCT menjadi hal yang penting untuk dipenuhi.

Tujuan : Mengetahui gambaran pelaksanaan layanan VCT dan sarana prasarana Klinik VCT di Kota Bandung tahun 2013.

Metode : Jenis penelitian explanatory research, pendekatan cross sectional. Data kuantitatif dari wawancara dengan kuesioner dan data kualitatif dengan wawancara mendalam.

Hasil : Pelaksanaan layanan VCT (69,0%) dan sarana prasarana VCT (58,7%) sudah baik. Layanan yang masih kurang baik yaitu dari segi konselor (jumlah dan bahasa konselor), dan waktu tunggu konselor. Sarana dan prasarana yang belum baik yaitu hanya ada satu pintu di ruang konseling, tidak ada tempat cuci tangan di ruang pengambilan darah, tidak ada papan informasi alur layanan VCT, fasilitas belum lengkap, dan tidak ada kotak saran di ruang tunggu.

Kesimpulan : Diperlukan KIE, evaluasi, peningkatan ketrampilan dan personal approach terhadap petugas VCT serta mengupayakan kelengkapan sarana dan prasarana Klinik VCT.

 

Kata kunci : Layanan, sarana prasarana, klinik, VCT

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: