ANALISIS PENGETAHUAN DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG MENURUT PESAN KE-6, 10, 11, 12 DARI PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG (PUGS) PADA REMAJA

Cory Auliya Fauzi

ANALISIS PENGETAHUAN DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG MENURUT PESAN KE-6, 10, 11, 12 DARI PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG (PUGS) PADA REMAJA

Abstract


Latar belakang: Prevalensi masalah gizi ganda pada remaja di Indonesia seperti gizi kurang, gizi lebih, dan anemia hingga saat ini masih tinggi dan belum terselesaikan. Selain itu, masalah tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif dimasa yang akan datang. Sementara itu, pedoman gizi seimbang (PUGS) sebagai solusi masalah gizi yang ada belum banyak diketahui hingga akar rumput, khususnya pada remaja. Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan dan perilaku gizi seimbang pada remaja berdasarkan pesanpedoman umum gizi seimbang ke-6, 10, dan 12 PUGS. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, focus group discussion (FGD), serta observasi pada 21 siswa SMPN 107 Jakarta yang memiliki status gizi beragam (status gizi kurang, status gizi lebih, dan status gizi normal). Hasil: Perilaku gizi informan tampak kurang sesuai dengan PUGS. Hal ini disebabkan oleh minimnya informasi kesehatan yang dimiliki serta kesadaran untuk menjaga pola hidup sehat. Kesimpulan: Pengetahuan gizi yang tidak tepat dan akses informasi kesehatan yang minim dapat meningkatkan perilaku gizi tidak seimbang pada remaja dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit degeneratif di kemudian hari.   
Kata kunci: Pengetahuan, gizi seimbang, remaja, PUGS

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Reproduksi (p-ISSN: 2087-703X, e-ISSN: 2354-8762) indexed by: